PEMOTONGAN HEWAN QURBAN DI BASARNAS

JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 H Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kembali menyelengggarakan pemotongan hewan qurban, Senin (4/9/2017). Bertempat di halaman kantor, tahun ini Basarnas memotong 11 sapi,delapan di Kantor Pusat dan tiga diserahkan ke Balai Diklat Basarnas, Jonggol.

Para pequrban merupakan pejabat dan pegawai Kantor Pusat Basarnas. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini selain menjalankan perintah agama, juga sebagai bentuk kepedulian Basarnas terhadap sesama.

Acara diawali dengan pembacaan laporan ketua panita H. Kamil, S.Sos yang dilanjutkan sambutan Kepala Basarnas Marsekal Muda (TNI) M. Syaugi, S.Sos.,

Sebagai umat islam kita diingatkan agar senantiasa memperkuat bangunan persaudaraan sesama manusia. Banyak cara yang bisa kita lakukan salah satunya adalah berqurban agar senantiasa tertanam rasa persaudaraan.

“Allah SWT menciptakan umat yang berbeda sehingga kecenderungan akan saling membutuhkan diantara sesama mutlak adanya”, ungkap Kepala Basarnas dalam sambutannya.

Jenderal Bintang Dua menambahkan bahwa ibadah qurban tahunan yang dilaksanakan umat islam adalah bentuk I”tibar atau pengambilan pelajaran dari kisah Nabi Ibrahin dan Nabi Ismail. Setidaknya ada tiga pesan yang bisa ditarik dari kisah tersebut. Pertama totalitas kepatuhan kepada Allah SWT. Kedua kemuliaan manusia dengan manusia lain sesungguhnya adalah saudara. Ketiga yakni hakikat pengorbanan.

“Sedekah daging hewan qurban hanyalah simbol dari makna qurban yang sejatinya sangat luas, meliputi pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, pikiran, waktu, dan lain sebagainya”,lanjut M. Syaugi.

Diakhir sambutan Kepala Basarnas mengajak seluruh pegawai dan pejabat untuk meningkatkan persaudaraan dan rasa kebersamaan. Semangat berqurban ini merupakan manifestasi dari kesadaran sebagai mahluk sosial yang saling berkaitan satu dengan lainnya.

“Hendaklah seluruh pegawai Basarnas berperan aktif disetiap sendi kehidupan sebagai fakta dari kenyataan akan pentingnya rasa saling menghormati dan menempatkan manusia lainnya dalam kemuliaan”, tutupnya.

Usai memberikan sambutan dilakukan serah terima hewan qurban dari Ketua Panita kepada Kepala Basarnas yang disaksikan oleh seluruh pegawai, pejabat serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas.

Adapun pihak penerima daging qurban yakni seluruh pegawai yang berada di lingkungan internal maupun eksternal Basarnas termasuk masyarakat dan para tukang ojek yang. (an)
INFORMASI PUBLIK
PEJABAT