TIM SAR GABUNGAN HELI HR 3602 TERIMA PENGHARGAAN BASARNAS


Sebanyak 1.106 personil potensi SAR dari 90 organisasi/lembaga yang terlibat dalam proses evakuasi Heli HR 3602 milik Basarnas yang jatuh di gunung Butak desa Canggal kecamatan Candiroto Temanggung pada minggu, 2 Juli 2017 lalu memperoleh piagam penghargaan dari Basarnas.

Pada hari selasa (25/7/17) Bertempat di Gedung Graha Bumi Pala Pemda Temanggung, piagam langsung diserahkan oleh Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Muda M. Syaugi kepada 22 personil yang mewakili dari 90 organisasi/lembaga tersebut.

Piagam tersebut merupakan bentuk apresiasi Basarnas terhadap seluruh pihak yang telah membantu kelancaran proses evakuasi baik itu evakuasi korban maupun evakuasi badan helikopter.

Seperti diketahui, penanganan musibah kecelakaan helikopter Basarnas jenis Dauphin yang menabrak gunung Butak berlangsung sangat cepat. Evakuasi seluruh korban berhasil dilakukan hanya dalam waktu kurang lebih 6 jam. Padahal evakuasi tersebut berlangsung pada malam hari dan berada di ketinggian 1600 dpl.

Sedangkan seluruh badan helikopter hanya dalam waktu 2 hari berhasil dibawa turun dari posisi jatuhnya di ketinggian 1.600 dpl ke desa Canggal untuk dibawa Jakarta guna investigasi.

Kecepatan proses evakuasi tersebut tak lepas dari peran serta Potensi SAR yang bahu membahu penuh semangat membantu basarnas dalam menghadapi musibah yang sedang dihadapi.
INFORMASI PUBLIK
PEJABAT