PENGENDALIAN OPERASI


Operasi SAR akan berhasil dengan balk jika berbagai potensi yang bergabung dalam operasi SAR dikendalikan secara terpadu, melaksanakan operasi SAR sesuai dengan rencana operasi yang telah di buat. sehingga pelaksanaan operasi SAR tidak berjalan masing-masing, organisasi operasi adalah sebagai berikut :

1.

SC (SAR Coordinator) dijabat oleh Kepala Badan SAR Nasional.

2.

Asisten SC (Asisten SAR Coordinator) terdiri dari:

 

a.

Asisten Operasi merupakan pejabat SAR yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang operasi SAR dan memiliki kualifikasi teknis SAR dan berpengalaman dalam penyelenggaraan operasi SAR.

 

b.

Asisten Intelijen merupakan pejabat SAR yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang SAR dan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pengumpulan, pengolahan, dan pendistribusian data dalam penyelenggaraan operasi SAR.

 

c.

Asisten Komunikasi merupakan pejabat SAR yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang komunikasi dan memiliki kecakapan dan pengalaman dalam komunikasi SAR.

 

d.

Asisten Administrasi dan Logistik merupakan pejabat SAR yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang sarana dan prasarana untuk mendukung penyelenggaraan operasi SAR.

3.

SAR Mission Coordinator yang selanjutnya disebut SMC adalah pejabat yang ditunjuk oleh Kabasarnas dan bertanggung jawab untuk melaksanakan pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan operasi SAR.
SMC (SAR Mission Coordinator) dijabat oleh Kepala Kantor SAR setempat.

4.

Staf SMC (Staf SAR Mission Coordinator) ditunjuk oleh dan bertanggungjawab kepada SMC. Staf SMC meliputi:

 

a.

Staf Operasi merupakan petugas dari Kantor SAR yang memiliki kualifikasi SAR Planner dan berpengalaman dalam penyelenggaraan operasi SAR.

 

b.

Staf Intelijen merupakan petugas dari Kantor SAR yang memiliki kualifikasi SAR Planner, berpengalaman dalam pengumpulan dan analisis data untuk proses perencanaan dalam pelaksanaan operasi SAR.           

 

c.

Staf Komunikasi merupakan petugas dari Kantor SAR yang memiliki kualifikasi operator komunikasi SAR, berpengalaman dalam penggunaan dan penguasaan alat komunikasi dan elektronika dalam kegiatan SAR.

 

d.

Staf Administrasi dan Logistik merupakan petugas dari Kantor SAR yang memiliki kualifikasi administrasi SAR dan pengelolaan logistic dalam kegiatan SAR.

5.

OSC (On Scene Coordinator) dijabat oleh petugas SAR yang ditunjuk oleh SMC untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan SRU dalam search area.

6.

SRU (Search and Rescue Unit) yaitu petugas SAR yang terlatih dan sarana pendukung yang sesuai dengan kebutuhan operasi SAR.


Struktur Organisasi Operasi