RENCANA AKSI PENCARIAN DAN PERTOLONGAN


1.

Rencana Aksi Pencarian dan Pertolongan Nasional Badan SAR Nasional yang selanjutnya disebut RAPPN merupakan rencana tindakan dalam menghadapi situasi kecelakaan, bencana dan/atau kondisi membahayakan manusia yang mungkin terjadi disuatu lokasi di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.

Salah satu strategi untuk mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan operasi SAR adalah dengan tersedianya rencana aksi SAR nasional di tingkat pusat dan rencana aksi SAR di tingkat kantor-kantor SAR. Rencana aksi SAR dibuat dengan melihat situasi dan kondisi sebagai berikutDilakukan sebelum musibah/bencana terjadi berupa proses perencanaan kedepan

3.

Merupakan suatu kesiapan untuk pelaksanaan operasi SAR dengan menentukan langkah dan sistem penanganan yang akan diambil sebelum musibah/bencana terjadi. Mencakup upaya-upaya yang bersifat mencegah dan juga membatasi konsekuensi yang mungkin akan terjadi.

4.

Rencana Aksi Pencarian dan Pertolongan Nasional Badan SAR Nasional ditetapkan melalui Peraturan Kepala Badan SAR Nasional No. :  PK 14 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Pencarian dan Pertolongan Nasional Badan SAR Nasional.