Free Music Search Seputar Informasi Dan Berita Hosting Murah Free Music Search Free Music Search
08:27:38

Detail Berita

Basarnas Selenggarakan Forum Koordinasi SAR Daerah di Bengkulu ( Save-to-PDF )

 

 
Bengkulu – Basarnas kembali menyelenggarakan rapat Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Tahun 2013. Bertempat di Hotel Santika Bengkulu, rakor berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 18 sampai 19 Maret 2013. Peserta FKSD berjumlah 75 orang yang diikuti oleh perwakilan potensi SAR Bengkulu yaitu dari Brimob, Polair, BPBD Bengkulu, Bandara Fatmawati Soekarno, Pelindo, TNI, PMI, PWI, BMKG, Satpol PP, Mapala Universitas Bengkulu, serta beberapa Kepala Kantor SAR. Tujuan penyelenggaraan FKSD adalah untuk membina kerjasama dan membentuk ikatan koordinasi di antara seluruh instansi/organisasi tanggap darurat, sehingga mereka mempunyai kesamaan visi dan misi dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana/musibah. 
 
Rapat dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan tarian persembahan khas Bengkulu. Direktur Bina Ketenagaan dan Pemayarakatan SAR Marsekal Pertama TNI Hadi Djahjanto, S.IP memberikan sambutan pembukaan mewakili Kepala Basarnas. Dalam sambutan yang dibacakannya, Direktur Bin-ga menyampaikan bahwa makna koordinasi perlu terus dipupuk dan dipelihara dengan baik agar makna tersebut dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan. “Kita pun sepakat bahwa penyelenggaraan operasi SAR lebih efektif dan efisien apabila terintegrasi dalam satu tim penanggulangan terpadu,” imbuhnya.
 
 
Basarnas menyadari bahwa koordinasi untuk dukungan dari potensi SAR terkait tidak akan mudah diwujudkan apabila tidak terdapat sinergi antar seluruh pemangku kepentingan yang terkait. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang baik ini Basarnas mengajak segenap elemen masyarakat Bengkulu, baik dari kalangan pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama menyatukan gerak dan langkah memberikan pelayanan kemanusiaan yang terbaik kepada masyarakat Bengkulu. Basarnas melalui Kantor SAR Bengkulu akan berperan sebagai motor penggerak dalam melaksanakan fungsi pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian terhadap potensi SAR yang ada. Sehingga pada saat dibutuhkan, potensi SAR tersebut dapat dimaksimalkan untuk membantu pelaksanaan operasi SAR. Melalui rapat koordinasi SAR daerah tahun 2013 di Bengkulu ini diharapkan dapat menghasilkan semangat, kesatuan pola piker dan pola tindak yang sama untuk memberikan pelayanan SAR seoptimal mungkin.
 
 
“Sebesar dan seberat apapun tugas yang kita hadapi, dengan didasari niat mulia, saya yakin pelayanan SAR seperti yang kita cita-citakan dapat diwujudkan,” tegas Dir Bin-ga.
 
Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H.Sumardi, M.M dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Basarnas yang telah menyelenggarakan acara ini guna member pengetahuan untuk masyarakat Bengkulu, di mana daerah Bengkulu merupakan rawan bencana terutama gempa dan tsunami. Dengan adanya pengetahuan tentang penanganan musibah yang dibekali melalui kegiatan ini dan memberikan pengetahuan kepada anak-anak sekolah dalam kegiatan “SAR Goes to School” maka dapat meminimalisir korban jiwa.
 
 
Pembukaan rapat FKSD diakhiri dengan menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta rapat dan memberikan perlengkapan sekolah kepada siswa sekolah dalam mendukung kegiatan “SAR Goes to School” dilanjut dengan foto bersama dan ramah tamah.
 
Sejalan dengan diselenggarakannya FKSD kali ini, Basarnas juga mencanangkan program “SAR Goes To School” di Provinsi Bengkulu, yang secara nasional telah diluncurkan pada saat Indonesia menjadi tuan rumah International SAR Advisory Group (INSARAG) meeting pada bulan Juli 2011 di Bali. Program tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar SAR kepada peserta didik mulai dari TK, SD, SLTP dan SLTA. Tujuannya agar mereka mampu menyelamatkan diri sendiri, keluarga , dan orang di sekitarnya saat terjadi musibah atau bencana. Hal tersebut merupakan salah satu sasaran strategis Basarnas ke depan dalam upaya membantu masyarakat untuk dapat menanggulangi keadaan darurat secara mandiri.

 

Related :