Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Basarnas Berhasil Evakuasi Pendaki Gunung Bawakaraeng Yang Alami Hypotermia


MAKASSAR – Seorang pendaki Gunung Bawakaraneg yang alami hipotermia, Ayu (15) akhirnya berhasil dievakuasi tim rescue Kantor SAR Makassar, Senin (30/10/2017) pukul 11.50 WITA. Ayu sebelumnya diketahui mengalami hypotermia saat berada di Pos 7 Gunung Bawakaraeng, Minggu (29/10/2017) malam sekitar pukul 22.00 WITA.

Saat ditemukan tim rescue Kantor SAR Makassar beserta potensi SAR lainnya yang tergabung dalam tim 2, korban sudah dalam keadaan membaik. Korban selanjutnya dievakuasi menuju Posko Lembana. Saat proses evakuasi berlangsung, tim gabungan mendapatkan infor dari korban bahwa salah satu teman lainnya yang bernama Iim (17) juga mengalami hal yang sama di Pos 8.

Tim 1 selanjutnya menuju Pos 8 guna mengevakuasi korban kedua. Tim menemukan Iin dalam keadaan selamat pada pukul 15.30 WITA dan dievakuasi menuju Posko Lembana.

Informasi pendaki yang mengalami hypotermia diterima Kantor SAR Makassar dari rekan korban bernama Aswir 30 menit setelah kejadian. Satu tim rescue Kantor SAR Makassar langsung diterjunkan menuju lokasi dengan menggunakan truk personil serta membawa peralatan SAR gunung lainnya.

Setelah tiba di lokasi dan melakukan koordinasi, tim gabungan yang terdiri dari tim rescue Kantor SAR Makassar, SAR UNHAS, SAR UNM, MAPALA UMI, SAR Pemuda, KPA Restu Bumi, Makassar Rescue, SAR Antariksa, LPB, SAR Bosowa, RAPI Gowa, Metamorfosis, teman korban, dan masyarakat setempat selanjutnya dibagi menjadi dua.

Tim tim satu mengevakuasi Iin, sementara kedua mengevakuasi Ayu. Keduanya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Dengan demikian proses evakuasi pendaki gunung yang alami hypotermia dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat kembali ke kesatuannya maisng-masing. (an)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : hamazi
30 October 21:50 WIB