Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Membuka Pelatihan Potensi SAR Angkatan I Th 2020 di Lampung


Lampung - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung menyelenggarakan pembinaan terhadap potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) dengan materi pertolongan di permukaan air. Kegiatan yg akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 18 Maret 2020 mendatang dibuka secara resmi hari ini Jumat 13 Maret 2020 oleh Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa, S.H., M.M.. di Kantor Basarnas Lampung Jl. Alamsyah Ratu Prawira Negara Km. 27 Branti. Peserta dalam pelatihan potensi SAR ini berjumlah 50 orang, berasal dari instansi dan organisasi berpotensi SAR di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya yakni SAR LANAL Lampung, SAR Dit. Polair Polda Lampung, SAR Brimob Polda Lampung    , SAR Dit Samapta Polda Lampung, SAR Dinas Perhubungan Prov. Lampung, RAPI Lampung, Senkom Mitra Polri Prop Lampung, SAR LP3UI Lampung, Al Fatah Rescue, Vertical Rescue Lampung, Koral Lampung, PMI Prop Lampung, Pramuka Peduli Prop Lampung, Survival Skil Indonesia Chp. Lampung, Watala Lampung, SAR Medis Malahayati, MAHARIPAL UIN Lampung, Club Selam Polinela, Rumah Zakat Rescue, LAZNAS Dakwah Lampung, ACT Rescue Lampung, One Care Lampung, dan Escorting Ambulance Lampung. 

Pelatihan ini dilaksanakan di Mako Basarnas Lampung untuk materi kelas, Kolam renang Yonif 143 dan Pantai Duta Wisata untuk sesi praktik. Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa, S.H., M.M.. Dalam pesannya menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan ttg pertolongan di permukaan air, sehingga peserta dpt membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dlm pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi. “Melalui pelatihan tehnik pertolongan di permukaan air ini saya berharap dapat menghasilkan output peserta yg memiliki kompetensi nyata dan dpt dipertanggungjawabkan, serta memiliki semangat kemanusiaan untuk memberikan pelayanan jasa di bidang SAR seoptimal mungkin.” ujar beliau.

Di waktu yg bersamaan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Jumaril, S.E., M.M. menjelaskan kepada pihak media bahwa keberadaan Basarnas di tempat wisata Propinsi Lampung baru sebatas pada saat ada even2 tertentu, dikarenakan jumlah personil dan peralatan yg terbatas. Namun jalur koordinasi tetap terjalin terus dg pihak pengelola wisata sehingga bila terjadi hal emergency Basarnas siap diturunkan, ujarnya. (hms)

               



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Daru Nugroho
13 March 13:10 WIB