Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Heru Ditemukan Meninggal di Perairan Kedung Tumpang


Tulungagung – Heru Widodo (35) seorang pemancing asal Blitar, yang sehari sebelumnya dilaporkan telah tenggelam di perairan pantai Kedung Tumpang, kecamatan Pucang Laban kabupaten Tulungagung, akhirnya ditemukan pada Minggu (19/7) sekitar pukul 11.00 WIB.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Yoni Fariza mengatakan, tim SAR gabungan menemukan Heru sudah dalam kondisi meninggal. Jenazahnya ditemukan di lokasi yang berjarak sekitar satu mil laut dari lokasi kejadian.

Jenazah korban berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan menuju ke Posko SAR. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke puskesmas Pucang Laban untuk diproses lebih lanjut oleh Petugas.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan penyisiran darat di sepanjang pesisir pantai Kedung Tumpang.

SRU pertama melakukan penyisiran dari lokasi kejadian hingga sampai ke daerah pantai Sine. Berangkat dari lokasi yang sama, SRU kedua melakukan penyisiran hingga sampai di daerah pantai Molang.

Saat melakukan penyisiran darat ini, tim SAR gabungan menyebarluaskan informasi tentang kejadian tenggelamnya Heru kepada warga yang beraktivitas di sekitar pantai. Hal ini bertujuan agar jika nantinya ada yang melihat keberadaan korban, maka diharapkan segera melaporkannnya kepada petugas.

Yoni mengungkapkan, tim SAR gabungan tidak melakukan penyisiran di laut karena terkendala kondisi cuaca buruk. Menurut data dari BMKG, gelombang laut di sekitar lokasi pencarian korban berkisar diantara 4 hingga 6 meter dan angin kencang dengan kecepatan hingga 15 knots.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya penemuan hingga evakuasi korban ini melibatkan peran sejumlah pihak, diantaranya BPBD kabupaten Tulungagung, Polsek Pucanglaban, Koramil Pucang Laban, Basarta, Pokwasmas Sine, Resob Blitar, URC Blitar, RAPI, ORARI, nelayan dan warga sekitar. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
19 July 15:05 WIB