Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Kapal Nelayan KM. Kencana Bahari Mati Mesin di Perairan Siberut Utara


Mentawai - Minggu (19/07/2020) pukul 08.59 WIB Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai menerima laporan dari Yoserizal (KPP Padang) bahwa telah terjadi kecelakaan kapal (kapal mati mesin) dengan penumpang 12 orang di Perairan Siberut Utara Kab. Kepulauan Mentawai.

"Kami terima info bahwa telah terjadi kecelakaan kapal KM. Kencana Bahari mati mesin, dan langsung memberangkatkan Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai serta Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Potensi SAR dan masyarakat." Akmal, Rabu (19/07/2020).

Melalui Kepala Siaga Harian (Kagahar), Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai, Akmal, S.Sos memberikan arahan kepada Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai untuk segera melakukan operasi dengan menggunakan peralatan SAR yaitu peralatan water rescue, peralatan komunikasi, peralatan navigasi, peralatan evakuasi serta pakaian hazmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam keadaan Pandemi Covid-19 saat ini.

Pukul 09.22 Tim Rescue KPP Mentawai berangkat ke dermaga Tuapejat menggunakan rescue d-max dan pada pukul 10.10 WIB Tim rescue serta tim SAR gabungan bersama TNI/Polri bergerak ke prakiraan lokasi kejadian menggunakan KN. SAR Ramawijaya.

Sekitar pukul 16:15 wib, tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam kondisi selamat di sigolong-golong antara pulau siberut dengan nias selatan, 8 orang korban di evakuasi dengan KN SAR RAMAWIJAYA 240 Mentawai ke dermaga Sikabaluan Siberut Kab. Kepulauan Mentawai dan 4 orang ABK ke pelabuhan Hibala Kab. Nias Selatan SUMUT. RAN



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Humas
20 July 4:00 WIB