Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Korrek UNEJ Berlatih Kemampuan SAR


Jember - Korps Relawan Kampus (Korrek) Universitas Negeri Jember (UNEJ) bekerjasama dengan Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember menyelenggarakan Pelatihan SAR bertempat di lapangan perkebunan Kali Jompo, Jember, pada Minggu (01/12).

Kegiatan yang bertajuk “Diklat SAR V” ini diikuti oleh sebanyak 64 orang peserta. Mereka merupakan mahasiswa atau mahasiswi UNEJ yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan Korrek.

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan, tim instruktur Pos SAR Jember menyampaikan materi tentang BASARNAS dan Tehnik Pertolongan Korban di lingkungan perairan (water rescue).

Melalui penyampaian materi tentang BASARNAS, lanjut Asnawi, para peserta Diklat SAR V diajak mengetahui sejarah berdirinya BASARNAS hingga perkembangannya seperti sekarang ini, serta Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)-nya.

Sementara itu melalui materi water rescue, tim instruktur mengenalkan kepada para peserta tentang beberapa tehnik yang dapat digunakan untuk menolong orang yang membutuhkan bantuan saat berada di lingkungan perairan, misal orang tenggelam.

Adapun materi water rescue yang diajarkan, diantaranya Pedoman Keselamatan di Air, Tehnik Pertolongan di Air, Tehnik Defend and Release, serta MFR (Medical First Responder).

Dalam kesempatan Diklat SAR V ini, para peserta juga dilatih melalui simulasi sederhana cara bertindak saat terjadi bencana alam, khususnya banjir yang sering terjadi saat musim penghujan.

“Setelah mengikuti Diklat SAR V ini, para peserta diharapkan bisa menyerap dan memahami ilmu-ilmu yang disampikan, serta semoga dapat diaplikasikan nantinya jika menghadapi kondisi yang membahayakan jiwa manusia,” terang Asnawi. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Pelatihan .
Pengunggah : surabaya
1 December 17:15 WIB