Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Pencarian Atas Djoko Dihentikan Sementara Akibat Hujan Deras


Djoko (57) sebelumnya dikabarkan terlihat oleh warga tengah hanyut di Sungai Brantas Kota Malang dengan naik pada kasur yang berada di tengah sungai pada Sabtu (19/11) sekitar pukul 07.10 WIB. Pencarian atas warga kecamatan Klojen Kota Malang inipun segera dilakukan tim SAR gabungan.

“Rescuer dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya dikerahkan menuju lokasi kejadi dengan membawa peralatan water rescue dari kemarin Sabtu segera setelah info kejadian ini dinyatakan A1” jelas Hari Adi Purnomo, kepala Kantor SAR Surabaya sekaligus SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR ini.

Pencarian hari kedua, Minggu (20/11), dilakukan dengan membagi setidaknya 185 orang dalam tim SAR gabungan menjadi 5 Search dan Rescue Unit (SRU). SRU 1 melakukan pencarian menggunakan perahu rafting Basarnas dari lokasi kejadian (LKK) sampai Jembatan Gadang sejauh 8km, SRU 2 melaksanakan pencarian menggunakan perahu rafting SAR MTA dari Jembatan Gadang sampai DAM Blobo sejauh 13km. SRU 3 melakukan pencarian menggunakan perahu rafting MSR dari DAM Blobo sampai jembatan Sengguruh sejauh 8km. SRU 4 melakukan pencarian menggunakan perahu LCR dari Sengguruh ke DAM Blobo sejauh 8 km sedangkan SRU 5 melaksanakan pemantauan di beberapa jembatan antara lain Jembatan Kampung Warna - Warni, Jembatan Polean, Jembatan Mergosono, Jembatan Bumiayu, Jembatan Gadang, Jembatan Lowokdoro, Jembatan Ben Mari, Jembatan Sokonolo , DAM Blobo, dan Sengguruh.

“Pencarian hari kedua ini terpaksa dihentikan sementara pada pukul 16.00 WIB akibat hujan deras dan akan dilanjutkan pada esok hari Senin (21/11) dengan memperluas area pencarian dan memaksimalkan potensi SAR yang ikut dalam pencarian ini" imbuh Hari Adi.

Adapun unsur SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, BPBD Kab Malang, Polsek Klojen, Koramil Klojen, Babinsa  Klojen, Potensi SAR se Malang Raya, Babinkamtimnas Klojen, Perangkat Kelurahan, SAR Awangga, SAR Kanjuruhan, KNDJH Rescue 020, SAR Pakem, SAR MTA, PPMR, TRC BPBD Kota Malang RPMR, Linmas, Rapi Kota Malang, Tagana Kota Malang, Pasundan, Keltang Klojen, Bakesbangpol, SAR Kokam, Mahameru,  Lintamal Rescue,  SARGAB,  SAR Trenggana,  7 lung,  Bululawang Rescue, Es Teh Hangat,  BP 13.32, SIR,  Belahegara, PSR,  MRR,  MSR, Paguyuban Tukang Pijit,  SAR Bhayangkara Malang,  Ertim, Rumah Zakat, dan warga setempat. (nov)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
20 November 18:00 WIB