Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


SAMPAI HARI KE-7 PENCARIAN, 3 PEMANCING YANG TERSERET OMBAK DI PANTAI MIMBA BELUM DITEMUKAN


KARANGASEM --- Pencarian oleh tim SAR gabungan terhadap 3 orang yang hilang saat memancing di Pantai Mimba, Padangbai telah memasuki hari ke-7, Sabtu (20/2/2021). Sejak pagi upaya menyisir telah dilakukan menggunakan Rigid Inflatable Boat Pos SAR Karangasem, Rigid Inflatable Boat Bakamla, Speed Boat Polairud Polda Bali dan Rubber Boat Polairud Polres Karangasem, Sementara itu SRU darat juga melakukan penyisiran sepanjang Pantai Mimba arah barat dan timur serta terus melaksanakan koordinasi dengan masyarakat dan nelayan sekitar.

Sampai dengan pukul 17.00 Wita ketiga korban belum juga ditemukan. Selanjutnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar ( Basarnas Bali) bersama unsur SAR terkait melakukan pertemuan dengan pihak keluarga untuk membicarakan penutupan operasi SAR yang telah memasuki hari ke-7. Dalam kesempatan tersebut ucapan duka mendalam disampaikan oleh Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E., M.A.P. kepada keluarga korban yang hadir. Sementara itu yang mewakili pemerintah daerah adalah Pelaksana Harian Bupati Karangasem.

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 Pasal 40 tentang Penghentian Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan, disebutkan lamanya masa operasi SAR adalah 7 hari, setelah 7 hari maka seluruh unsur akan kembali ditarik ke kesatuannya masing-masing," jelas Darmada. Namun diterangkan kembali bahwa akan tetap ada koordinasi dan tidak menutup kemungkinan dilakukan lagi pergerakan apabila ada ditemukanya tanda-tanda keberadaan korban. Hal serupa juga disampaikan oleh I Ketut Sudana Merta, S.T, M.T. selaku Plh Bupati Karangasem.

Tanggapan pihak keluar dengan diputuskannya penutupan operasi SAR, sepenuhnya menerima karena memang sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Ia mengucapkan terimakasih dengan upaya tim SAR gabungan, walaupun hingga saat ini belum berhasil menemukan korban. Menurutnya upaya pencarian sudah dilakukankan dengan baik dan ia melihat sendiri bagaimana unsur SAR yang berada di lapangan. Tapi mereka masih berharap adanya titik terang penenuan, dan seandaainya itu terjadi diharapkan Basarnas dapat kembali membantu. 

Diberitakan sebelumnya, 3 orang hilang terhempas ombak saat memancing di bebatuan pinggir Pantai Mimba, Padangbai, Karangasem, Minggu (14/2/2021). Pada pencarian hari ke tiga sempat ditemukan alat pancing di kubangan dekat lokasi mereka memancing, namun tak ditemukan tanda-tanda keberadaan mereka. (ay/ hms dps)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Daru Nugroho
20 February 16:00 WIB