Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan " Profesional, Sinergi, Dan Militan " Pengaduan Masyarakat melalui Telepon (021) 65867510/11, Whatsapp (085289000115), E-mail : Pengaduan@basarnas.go.id


Tingkatkan Tata Kelola Di Bidang Komunikasi, Basarnas Maumere Adakan Pembinaan SAR Pegawai Berupa Gelar Komunikasi


Muamere, 18/11/2019. Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional sekaligus  pembukaan Pembinaan SAR Pegawai tadi pagi. Pembukaan langsung dilakukan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana, SE, M.AP  yang diikuti seluruh Pegawai di depan halaman Kantor.

Pada sambutan pembukaan tersebut Beliau mengungkapkan bahwa “Gelar Komunikasi diadakan karena dalam operasi SAR kebanyakan adalah tugas lapangan, salah satu alat yang bisa menghubungkan SRU yang dilapangan dengan di Kantor SAR adalah komunikasi sehingga pelaksanaan operasi SAR dilapangan bisa dikendalikan bisa dipantau oleh seorang SMC (SAR Mission Coordination) yang ada di Kantor. Serta dengan adanya komunikasi semua rencana operasi bisa dieksekusi dilapangan dan diawasi oleh seorang SMC (SAR Mission Coordination). Sedangkan tujuan dilaksanankan pembinaan SAR Pegawai berupa pelatihan gelar komunikasi ini diantaranya seluruh pegawai bmampu berkomunikasi yang baik yakni mengetahui etika-etika berkomunikasi di telepon, radio SSB, HF, Codan, maupun etika berkomunikasi di Handphone Satelit serta mampu membaca email sinyal distress yang dikirim oleh BCC. Tujuan yang lain ialah Meraka mampu menggelar peralatan komunikasi di lapangan serta Mereka juga bisa mengetahui trouble shooting dari peralatan komunikasi itu sehingga bisa melakukan perbaikan pada peralatan tersebut dan dapat mendata peralatan-peralatan komunikasi yang masih baik untuk digunakan dan mana yang harus segera dilakukan perbaikan.”

Adapun Harapan Beliau kepada seluruh pegawai dengan diadakannya gelar komunikasi ialah pelaksanaan operasi SAR semakin berkulitas karena didukung oleh personil yang mampu berkomunikasi dengan baik & efektif sehingga semua pelaksanaan operasi SAR dilapangan dapat dikendalikan.

Kegiatan Pembinaan SAR Pegawai berupa gelar komunikasi dilaksanakan pada tanggal 18, 20, dan 21 November 2019 dengan melibatkan seluruh pegawai yang ada di kantor SAR maupun personil ABK RB 212 Muamere adapun jumlah peserta mencapai 39 orang dengan instruktur sebanyak 3 orang, dua orang diantaranya telah mengikuti Diklat Dasar Operator Komunikasi.

 

 



Kategori General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Maumere
18 November 10:00 WIB